Identifier
(Pengenal)
n
Pengenal adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk menyatakan
variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi.
n Aturan untuk penulisan identifier sama dengan aturan dalam pascal, antara lain:
-Tidak boleh
dimulai dengan karakter non huruf
-Tidak boleh
ada spasi
-Tidak boleh
menggunakan karakter-karakter
~
! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . / |
-Tidak boleh
menggunakan reserved words yang ada dalam C++.
![]() |
Gambar 1. Identifier (Pengenal) |
n
Representasi
alternatif dari operator, tidak dapat digunakan sebagai identifier.
n
Contoh :
and, and_eq, bitand, bitor, compl, not, not_eq, or, or_eq,
xor, xor_eq
n
Bahasa C++ adalah bahasa yang "case
sensitive", ini berarti identifier yang dituliskan dengan huruf kapital
akan dianggap berbeda dengan identifier yang sama tetapi dituliskan dengan
huruf kecil.
n
Contoh : variabel RESULT tidak sama dengan variable
result ataupun variabel Result.
1. Tipe Data
Tipe
data berfungsi untuk mempresentasikan jenis dari sebuah nilai yang terdapat
dalam program.
Dalam C++ terdapat beberapa tipe data dasar
yang telah didefinisikan yaitu:
1. Tipe bilangan bulat (integer)
Digunakan untuk data-data angka yang
tidak mengandung angka dibelakang koma. Misalnya 3, 21, 78, dll.
CONTOH
#include
<iostream.h>
main()
{
int
x; //mendeklarasikan variabel x dengn tipe data int
x=3; //melakukan assigment terhadap variabel x
cout
<<“Nilai x adalah “<<x;
getch();
}
2. Tipe
Bilangan Desimal (floating-point)
n
Adalah
tipe yang mempresentasikan data-data bilangan yang mengandung angka dibelakang
koma, misalnya 3.16, 21.5, dll.
Tipe data Float = 32 bits, double = 64
bits, dan long double = 80 bits.
Contoh:
#include
<iostream.h>
main()
{
double y;
y = 27.55; //melakukan
assigment terhadap variabel y
cout <<“Nilai y adalah “<<y;
getch();
}
3.
Tipe Logika (boolean)
Tipe ini mempresentasikan data-data
yang hanya mengandung dua buah nilai, yaitu nilai logika (boolean) yang terdiri
dari nilai benar (direpresentasikan dengan nilai 1) dan nilai salah
(direpresentasikan dengan nilai 0).
4.
Tipe Karakter / String
Tipe ini merepresentasikan data-data
yang berupa karakter, dan dinyatakan dengan tipe char, sedangkan untuk
string dinyatakan dengan pointer dari tipe char yaitu char*.
CONTOH STRING
#include
<iostream.h>
main()
{
char Karakter ='A';
char nama ="Abdillah Tsuraya
Putra";
char Jurusan[20]="Teknik
Informatika";
cout <<Karakter<<endl;
cout <<nama<<endl;
cout <<Jurusan<<endl;
getch();
}
VARIABEL
n
Adalah suatu tempat menampung data atau konstanta
dimemori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses
program.
n
Dalam pemberian nama variabel, mempunyai
ketentuan-ketentuan antara lain :
n
Tidak boleh ada spasi ( contoh : gaji bersih ) dan
dapat menggunakan tanda garis bawah ( _
) sebagai penghubung (contoh : gaji_bersih).
n
Tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan
operator aritmatika.
No comments:
Post a Comment