Elemen Dasar C++ - Teknologi Viral

Breaking

Header Ads

BANNER 728X90

Friday, October 5, 2018

Elemen Dasar C++


Identifier (Pengenal)
n  Pengenal adalah suatu nama yang biasa dipakai  dalam pemrograman untuk   menyatakan variabel,  konstanta, tipe data, dan  fungsi.
n       Aturan untuk penulisan identifier sama dengan  aturan dalam pascal, antara lain:
                   -Tidak boleh dimulai dengan karakter non huruf
                   -Tidak boleh ada spasi
                   -Tidak boleh menggunakan karakter-karakter
                             ~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . / |
          -Tidak boleh menggunakan reserved words yang ada dalam C++.


Gambar 1. Identifier (Pengenal)

n  Representasi alternatif dari operator, tidak dapat digunakan sebagai identifier.
n  Contoh :
      and, and_eq, bitand, bitor, compl, not, not_eq, or,          or_eq, xor, xor_eq
n  Bahasa C++ adalah bahasa yang "case sensitive", ini berarti identifier yang dituliskan dengan huruf kapital akan dianggap berbeda dengan identifier yang sama tetapi dituliskan dengan huruf kecil.
n  Contoh : variabel RESULT tidak sama dengan variable result ataupun variabel Result.

1. Tipe Data
Tipe data berfungsi untuk mempresentasikan jenis dari sebuah nilai yang terdapat dalam program.

  Dalam C++ terdapat beberapa tipe data dasar yang telah  didefinisikan yaitu:
1. Tipe bilangan bulat (integer)
          Digunakan untuk data-data angka yang tidak mengandung angka dibelakang koma. Misalnya 3, 21, 78, dll.

CONTOH
#include <iostream.h>
 main()
 {
          int x; //mendeklarasikan variabel x dengn tipe data int
          x=3;   //melakukan assigment terhadap variabel x
          cout <<“Nilai x adalah “<<x;
          getch();
 }

2. Tipe Bilangan Desimal (floating-point)

n  Adalah tipe yang mempresentasikan data-data bilangan yang mengandung angka dibelakang koma, misalnya 3.16, 21.5, dll.
          Tipe data Float = 32 bits, double = 64 bits, dan long double = 80 bits.
Contoh:
#include <iostream.h>
main()
{
            double y;
            y = 27.55;  //melakukan assigment terhadap variabel y
            cout <<“Nilai y adalah “<<y;
            getch();
}


3. Tipe Logika (boolean)
          Tipe ini mempresentasikan data-data yang hanya mengandung dua buah nilai, yaitu nilai logika (boolean) yang terdiri dari nilai benar (direpresentasikan dengan nilai 1) dan nilai salah (direpresentasikan dengan nilai 0).
4. Tipe Karakter / String
          Tipe ini merepresentasikan data-data yang berupa karakter, dan dinyatakan dengan tipe char, sedangkan untuk string dinyatakan dengan pointer dari tipe char yaitu char*.


CONTOH STRING
#include <iostream.h>
main()
{
  char Karakter ='A';
  char nama ="Abdillah Tsuraya Putra";
  char Jurusan[20]="Teknik Informatika";
  cout <<Karakter<<endl;
  cout <<nama<<endl;
  cout <<Jurusan<<endl;
  getch();
}


VARIABEL

n  Adalah suatu tempat menampung data atau konstanta dimemori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses program.
n  Dalam pemberian nama variabel, mempunyai ketentuan-ketentuan antara lain :
n  Tidak boleh ada spasi ( contoh : gaji bersih ) dan dapat menggunakan tanda garis bawah ( _  ) sebagai penghubung (contoh : gaji_bersih).
n  Tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan operator aritmatika.



No comments:

Post a Comment